Gurulas’s Weblog

Ilmu adalah senjata….Agama adalah perisai…..

GMAW Lanjut

Kompetensi Keahlian :Teknik Pengelasan

Kode Kompetensi : LOG.OO05.018.01

Unit Kompetensi : Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Las Gas Metal (GMAW)

Elemen Kompetensi :

  1. Menentukan pengesetan pengelasan dan barang-barang yang digunakan
  2. Menghubungkan peralatan pengelasan
  3. Sambungan las yang memenuhi tujuan strukural atau sederajat
  4. Memeriksa pengelasan dan memperbaiki kerusakan/cacat pengelasan
  5. Membuat cacatan pengelasan

Prasarat :

Untuk menempuh unit kompetensi ini, peserta harus telah kompeten pada unit prasarat, yaitu LOG.OO05.017.01 (Mengelas dengan Proses Las Gas Metal).

Aspek kritis :

Kompetensi dalam unit ini tidak dapat dinyatakan hingga semua unit yang diwajibkan telah terpenuhi. Penilaian dapat dilakukan bersama-sama unit-unit lain mengenai keselamatan (safety), kualitas, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan pengelasan gas (metal) atau unit-unit lain yang membutuhkan penerapan keterampilan dan pengetahuan yang dicakup oleh unit ini.

Unit ini sebaiknya dinilai pada lokasi kerja, di luar lokasi kerja atau kombinasi keduanya.

Pembahasan :

seperti yang dikemukakan di atas bahwa penilaian unit ini dapat dilakukan di tempat kerja, di luar tempat kerja dan atau perpaduan keduanya. maka dalam ulasan berikut ini akan lebih mengarah pada teknis pelaksanaan dan bukan teori.

1. Menentukan pengesetan pengelasan dan barang-barang yang digunakan

Menentukan pengesetan pengelasan dan barang-barang yang digunakan maksudnya adalah juru las harus mencermati dan melaksanakan POS (prosedur operasional standar) kerja.

POS yang harus dicermati tersebut antara lain menyangkut tentang penggunaan APD (Alat Pelindung Diri), penggunaan alat bantu, langkah-langkah pengerjaan dan hal-hal spesifik lain yang harus dipenuhi terkait dengan persyaratan pengelasan.

Perlu ditekankan bahwa dalam penggunaan APD harus sesuai dengan peruntukannya dan memenuhi aturan penggunaan yang telah ditetapkan. Perwatan APD harus senantiasa dilakukan agar APD yang dimaksud memiliki nilai ekonomis yang tinggi, artinya tidak sering rusak dan harus melakukan penggantian yang memerlukan biaya.

Adapun APD yang diperlukan dalam kegiatan pengelasan ini antara lainn:

  • Pakaian kerja
  • Helm las / kedok las
  • Kaca las no 10 – 11
  • Kaca transparan
  • Masker hidung
  • Sarung tangan
  • Sarung lengan
  • Pelindung dada/apron
  • Sarung kaki
  • Sepatu kulit
  • Pelindung telinga

Penggunaan alat bantu harus sesuai dengan kegunaannya. Pengambilan, Penggunaan, Perawatan dan Penyimpanan kembali yang baik akan menambah nilai ekonomis yang tinggi. Peralatan bantu senantiasa siap untuk digunakan akan memperlancar pekerjaan yang lainnya.

Alat bantu yang diperlukan dalam kegiatan pengelasan ini antara lain :

  • Gerinda tangan 4″
  • Ragum
  • Palu terak
  • Palu konde
  • Siku
  • Mistar Baja
  • Meja las
  • Tang panjang penjepit benda kerja
  • Sikat baja
  • bevel protector
  • weld gauge

Peralatan utama dalam proses las ini adalah berupa satu set mesin las GMAW yang teridiri dari :

  • unit mesin las GMAW
  • Wire feeder
  • Ar/CO2 regulator
  • Tabung gas Ar/CO2 beserta isinya
  • Kabel tenaga
  • Kabel massa
  • MIG gun

Peralatan utama tersebut di atas harus senantiasa terawat dengan baik. Langkah yang tepat dalam menggunakan peralatan teserbut adalah selalu melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah digunakan. Tidak kalah pentingnya juga bahwa selama menggunakan peralatan ini harus memperhatikan prosedur penggunaanya agar terhindar dari kecelakaan kerja yang mengakibatkan adanya kerusakan pada alat.

Pada tahap pengesetan material untuk pengelasan, juru las harus memahami gambar kerja. Gambar kerja yang dimaksud menyangkut pemahaman tentang jenis material, bahan tambah, posisi-posisi pengelasan, simbol-simbol pengerjaan, gambar proyeksi orthogonal, serta persyaratan-persyaratan khusus yang harus dilakukan sebelum pengelasan berlangsung. Dengan memahami hal-hal tersebut di atas diharapkan tidak terjadi kesalahan prosedur pada setiap proses pengerjaan.

Perhatikan gambar di bawah !

wordpress 1

wordpress 2

Berdasarkan gambar di atas, sudah menjadi sebuah keharusan bahwa juru las harus memahami gambar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

2.Menghubungkan peralatan pengelasan

3. Sambungan las yang memenuhi tujuan strukural atau sederajat

4. Memeriksa pengelasan dan memperbaiki kerusakan/cacat pengelasan

 

5. Membuat cacatan pengelasan

22 Komentar »

  1. siplahhh..

    Komentar oleh samsul "the commander" | Desember 24, 2008

  2. maaf… baru sedikit yang dapat sy tulis. do’akan saja saya punya lebih banyak waktu untuk posting

    Komentar oleh gurulas | Desember 25, 2008

  3. bagi bagi dong ilmunya…ada biasiswa kursus gratis tidak ya

    Komentar oleh suprayitno | Februari 18, 2009

  4. Terimakasih mr Suprayitno.
    materinya sedang diproses dan kemarin ada kesalahan teknis sehingga materinya ada yang ke delete.
    untuk beasiswa kursus gratis… tidak ada tuh…hehehe

    salam
    Mas Ba

    Komentar oleh gurulas | Maret 10, 2009

  5. Assalamu’alaykum

    Pak boleh tanya saya ada kesulitan melakukan pengelasan pada material non fero kuningan (62Cu37Zn), kendalanya adalah kropos pada hasil las..saya las pake metode brazing, tig welding bahkan sd laser welding…

    Mungkin bapak punya pengalaman untuk mengatasi problem saya.

    ——————
    bahan dasar tembaga ada 3 macam, tembaga murni, perunggu dan kuningan. semuanya mempunyai sifat mudah retak yang tidak panjang atau porositas tetapi tidak panjang.
    pakai las TIG, dengan syarat :
    1. kemurnian gas pelindung Ar / He
    2. Tekanan kerja diambil yang tertinggi dari standar acuan dari ketentuan
    3. bahan tambah (filler) harus memiliki komposisi logam yang sama dengan bahan dasar
    4. di akhir pengelasan gunakan teknik pendinginan yang perlahan, yaitu atur down slop atau matikan busur nyala, hidupkan kembali sampai -+ 3 kali pengulangan.
    5. gunakan arus pengelasan sedang ( dari standar / ketentuan)

    semoga berhasil
    salam

    terimakasih sebelumnya

    Wassalamu’alaykum
    ===

    Terima kasih pak Ghifa
    akan kami usahakan solusinya…
    salam
    Baud Widodo

    Komentar oleh abu ghifa | Juli 2, 2009

  6. Assalamualaikum.
    Secara tidak sengaja saya menemukan web ini. Alhamdulillah. TTP saja.
    Saya mendirikan sekolah las di Samarinda. Namanya INLASTEK SAMARINDA. Merupakan cabang dari Solo. Saat ini sedang mencari instruktur las yang menguasai las otogen, electrik, TIG/WIG dan MIG/MAG. Barangkali Bapak ada murid/temen/saudara yang mau bergabung dengan kami di Samarinda? Kalau ada bisa ditindaklanjuti dengan pembicaraan lebih detail.
    Terimakasih perhatiannya.
    Wass.
    Hormat saya,
    Didud

    Komentar oleh didud pratisandoro | November 14, 2009

  7. akan kami coba mencari informasi dan kesungguhan untuk menjadi instruktur las pada anak-anak kami/teman/saudara kami. dan nantinya bertempat di Inlastek Samarinda di mana Bpk Bekerja.
    Mohon waktu ya Pak.

    Komentar oleh gurulas | November 17, 2009

  8. Alhamdulillah saya sudah menemukan seorang welder pengalaman yang bersedia jadi instruktur. Dan sekarang sedang kami kursuskan di INLASTEK Solo. Oleh karena itu tawaran untuk mencari instruktur saya batalkan. Saya ucapkan terimakasih atas usaha Bapak membantu saya.

    Komentar oleh didud pratisandoro | Desember 6, 2009

  9. assalamualikum,

    pak boleh gak dikirimin bahan ajar mengenai pelajaran las,,kebetulan saya sekarang ini baru 2 hari jadi tenaga honorer di SMK..kalau bisa mohon dikirimin ke email saya

    makasih…

    Komentar oleh syafrizal | Oktober 17, 2010

  10. di (google) internet sudah banyak membahas semua kompetensi yang ada di dalam kurikulum teknik pengelasan. tinggal ketik kata kuncinya saja. jika masih kurang dapat kita saling membagi.

    Komentar oleh gurulas | Oktober 25, 2010

  11. pak,sy kbetulan krja di sbuah Perusahaan bgian pengelasan alat berat dengan menggunakan mig gun+stick..khusus untuk pngelasan dgn mig gun..tarikan cairan pda wire 71T (fluxcore),apakah daya kuat pengelasan pd material berpengaruh gk pd goyangan ato cukup tdk perlu ada goyangan??apa ampere yg tinggi+volt rendah membuat kualitas pengelasan bisa dikatakan lulus standar kekuatan???trima kasih>>>

    Komentar oleh maradu | November 19, 2011

  12. goyangan atau gerakan untuk menata cairan (kerataan) dan menghindarkan adanya cacat undercut. sedang penggunaan arus dan voltase lebih baik melihat tabel penggunaan elektroda/wire. arus dan voltase yang disana adalah prosedurnya.

    Komentar oleh gurulas | Januari 3, 2012

  13. mas,aq kerja dibengkel bubut,punya mesin las TIG/argon tp g’bisa mengoptimalkan,mo nanya cara mengelas perunggu(cilinder head motor),pa aja yang dibutuhin??makasih banyak sebelumnya..

    Komentar oleh aan | April 1, 2012

  14. mesin las TIG. gas Argon, kawat tambah perunggu, proses las DC-, ujung elektroda tungsten runcing. arus yang digunakan disesuaikan kebutuhan coba dimulai dari 20A.

    Komentar oleh gurulas | April 3, 2012

  15. apakah penggunaan klep anti gas balik/flashback arrestor benar2 dibutuhkan dan berfungsi dengan baik?banyak bengkel las yang tidak pakai,katanya kalau buntu di filter anti ledak bisa bikin bingung setelan,benar gak pak?saya pakai blander las imitasi,apinya tidak stabil dan sering mati api,kata bengkel harus asli gloor! wah mahal kan pak,kan penggunaan hobi.alternatif blander yg kualitas sedang merk apa ya pak,harga jangan sadis?

    Komentar oleh surya las java | Mei 26, 2013

  16. sebetulnya cukup dengan dipasang regulator. kalau menggunakan generator asetilen… lebih baik dilengkapi dengan kunci air pada generator tersebut sebelum gas digunakan. penggunaan alat las brender las asetilen merk apa saja tidak apa-apa yang penting cara penggunaannya benar dan tidak bocor.

    Komentar oleh gurulas | Juni 1, 2013

  17. pak diameter GMAW berapa saja ya pak?

    Komentar oleh dodolanweb123 | April 25, 2014

  18. ada dalam tabel. dapat diunduh d beberapa sumber. melalui google. penggunaanya tergantung dari kapasitas mesin, dan kebutuhan pengelasan.

    Komentar oleh gurulas | Mei 8, 2014

  19. Assalamu ‘alaykum.
    Mohon pencerahannya ya Pak.
    Saya ini memerlukam mesin las MIG yg bisa untuk mengelas besi tembaga kuningan stenlis. Namun listrik di tempat kerja cuma 1phase dgn daya 2200watt. Yang saya tanyakan type las mig yg bagaimana Pak. Dan apakah saya harus naikkan Daya listriknya? .trimakasih banyak atas pencerahannya.(Slamet riyadi-Boyolali)

    Komentar oleh slamet riyadi | Juli 8, 2014

  20. mohon maaf Pak, yang benar itu mesin las mig atau las TIG?…

    Komentar oleh gurulas | Juli 8, 2014

  21. yg saya maksud las mig. bisakah las mig itu untuk mengelas logam2 tersebut. Kalo bisa yg type bagaimana Pak. Trimakasih banyak atas bantuan Bapak.

    Komentar oleh slamet riyadi | Juli 8, 2014

  22. 0.8, 1.0, 1.2, …

    Komentar oleh gurulas | Juni 22, 2015


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: